Wednesday, August 11, 2010

Hidup Sehat Rasulullah SAW

Siapa si yang tidak ingin hidupnya sehat? Sehat adalah anugrah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Kesehatan bisa menunjang kita untuk dapat beraktifitas dan tentunya beramal kepada orang lain secara lebih optimal. Kesehatan juga tidak dapat dibeli dengan uang. Coba, siapa si orang yang mau dibayar untuk mengorbankan kesehatannya? Tidak ada.

Berbicara dengan hidup sehat, bagaimana si Rasulullah SAW bisa menjalani hidup sehat ini? Ternyata terdapat tiga hal penting yang rutin Rasulullah SAW lakukan untuk menjaga kesehatanya dikala kegiatan dakwah nya yang sangat keras dalam hidupnya.

Tiga hal itu diantaranya adalah:

1. Nabi SAW memulai harinya dengan mengonsumsi madu dan meminum air. Al-Quran ternyata telah memberi tahu kita bahwa di dalam madu terdapat obat untuk manusia. Terbukti, rutinitas Rasulullah meminum madu ini ternyata membuat Rasulullah SAW bisa bertahan dan tetap optimal menjalani aktifitasnya yang sangat padat tersebut.

2. Nabi SAW mengakhiri harinya dengan memakan kurma dan meminum air. Kurma merupakan buah yang pula disebutkan di dalam Al-Quran sebanyak 63 kali, serta di dalam kurma terdapat zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kurma mempunyai sifat yang panas dan kering, dan Rasulullah selalu mengonsumsi kurma di akhir bukan di awal.

3. Nabi SAW kalau makan sederhana, maksimal hanya dua jenis makanan saja dalam sekali makan. Jadi pencernaan beliau juga tidak dipaksa untuk mencerna berbagai macam hal dalam sekali makan yang membuat sistem pencernaan beliau tetap lancar.

Wah, kalau tiga hal ini mulai kita lakukan mulai sekarang, Insya Allah kita bisa selalu sehat seperti Rasulullah SAW. Selamat hidup sehat! :)

No comments:

Post a Comment