Wednesday, July 7, 2010

Kebahagiaan Sempurna

Rasulullah SAW adalah seorang pedagang dan beliau sangat menganjurkan agar masyarakatnya dapat memenuhi kebutuhan pribadi serta finansialnya sendiri dan tidak bergantung oleh rasa kasihan orang lain. Belau tidak suka jika seseorang menggantukan hidupnya maupun harga dirinya hanya dari rasa kasihan orang lain, seperti peminta-minta di pinggir jalan. Beliau sangat menghargai seseorang yang bekerja serta berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Rasulullah SAW bersabda “Seseorang yang bekerja keras pagi sampai sore akibat mencari nafkah akan lebih disukai Allah SWT dari peminta-minta yang kadang diberi kadang tidak.” (HR Bukhari)

Surat An-Naba ayat 10-11 mengatakan “Dan kami jadikan malam sebagai pakaian. Dan Kami jadikan siang untuk penghidupan.” Jadi, Islam menganjurkan kita untuk bekerja dengan keras di siang hari serta beristirahat di malam hari. Dalam beraktifitas, kita harus dapat seimbang antara bekerja dan istirahat dan Allah SWT memberikan kita waktu siang dan malam untuk bekerja mencari rezeki yang halal serta barokah dan untuk beristirahat.

Mudah-mudahan dalam bekerja kali lini, kita dapat lebih baik lagi dari hari kemarin serta dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Sesungguhnya bekerja itu akan menciptakan kebahagiaan dunia-akhirat, yang artinya akan mencapai sebuah kebahagiaan yang sempurna.

Daftar Pustaka:
Buku “Rahasia Sukses Bisnis Rasulullah” oleh Malahayati, S. Psi, Penerbit Great! Publisher

No comments:

Post a Comment